Facebook: Kerja Sama Dibutuhkan untuk Pembangunan Infrastruktur Internet di Pedesaan

Liputan6.com, Jakarta – Pembangunan infrastruktur telekomunikasi, termasuk akses internet, dinilai akan optimal jika dilakukan bersama-sama, termasuk kolaborasi pemerintah dengan perusahaan-perusahaan swasta.

Hal itu pula dengan dilakukan oleh Facebook melalui proyek Facebook Connectivity di Indonesia.

Facebook Connectivity bekerja sama dengan ratusan mitra di seluruh dunia untuk menghadirkan akses internet guna mengatasi kesenjangan digital. Inisiatif ini terutama ditargetkan untuk wilayah-wilayah rural atau pedesaan.

Vice President Facebook Connectivity, Dan Rabinovitsj, mengatakan pembangunan infrastruktur internet sangat penting dilakukan dengan berbagai mitra.

Melalui kerja sama ini, Facebook dan para mitranya bisa berbagi informasi, baik itu teknologi maupun mengenai kondisi lokal secara langsung.

Selain itu, kerja sama sekaligus bisa menekan biaya pembangunan lebih efektif.

“Kami tidak akan bisa membangun infrastruktur sendirian, karena itu kami membangunnya bersama mitra. Kerja sama dengan mitra ini merupakan hal yang sangat penting,” jelas Dan pada Rabu (21/10/2020).

“Kami yakin sangat penting inovasi teknologi untuk diimplementasikan di wilayah rural. Selalu penting untuk mencari solusi terbaik bersama,” tuturnya.

Proyek Facebook Connectivity

Facebook Connectivity memiliki beberapa proyek di Indonesia. Salah satunya bekerja sama dengan perusahaan penyedia infrastruktur, PT Alita Praya Mitra (Alita). Keduanya berinvestasi pada kabel serat optik sepanjang 3.000 km di Bali, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Alita sepenuhnya memiliki, membangun, memelihara, dan mengoperasikan jaringan fiber green field, serta menyediakan kapasitas besar untuk operator jaringan seluler jasa internet. Facebook akan memberikan dukungan untuk proses perencanaan jaringan tersebut.

Dalam pembangunan jaringan fiber optik ini, Facebook memberikan bantuan berupa dana, serta teknologi dan ahlinya untuk Alita.

Proyek ini dinilai akan melengkapi Palapa Ring untuk menghadirkan internet berkecepatan lebih tinggi kepada lebih dari 10 juta orang.

Palapa Ring atau kadang disebut dengan istilah ‘Tol Langit’ merupakan proyek pembangunan jaringan serat optik nasional. Proyek ini bertujuan untuk pemerataan akses telekomunikasi di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Proyek Lain

Proyek lain Facebook Connectivity di Indonesia adalah Internet 101, yang merupakan kolaborasi antara Facebook dan GSMA untuk mengembangkan konten guna membantu pengguna internet pertama kali mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman online mereka.

Facebook Connectivity di Indonesia meluncurkan program ini melalui kerja sama dengan Indosat Ooredoo pada Oktober 2019.

Program ini bekerjasama dengan para pengecer lokal dan pada Mei 2020. Facebook mengklaim telah memfasilitasi pelatihan untuk 1,4 juta pengguna di 4.578 desa.

(Din/Isk)

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/4388076/facebook-kerja-sama-dibutuhkan-untuk-pembangunan-infrastruktur-internet-di-pedesaan