Proyek Facebook Connectivity Atasi Kesenjangan Digital di Indonesia

Indah PM – Di masa pandemi ini, konektivitas beralih menjadi salah satu kebutuhan primer. Hal ini pula yang selalu menjadi inti dari misi Facebook sebagai jejaring sosial, untuk memberikan masyarakat kekuatan guna membangun komunitas dan membawa dunia lebih dekat.

Facebook pun menjalin kemitraan bersama para mitranya di seluruh dunia. Facebook Connectivity dalam hal ini mencari teknologi baru, model bisnis, dan kemitraan untuk menghubungkan lebih banyak orang dengan jaringan internet yang lebih cepat.

Di Indonesia, Facebook Connectivity bekerjasama dengan mitra lokal untuk memperluas akses jaringan internet yang cepat dan terpercaya. Peranan Facebook dalam hal ini menyediakan ekosistem, bekerja dengan penyedia jaringan, penyedia infrastruktur, manufaktur peralatan, dan mitra ekosistem lainnya.

Inisiatif konektivitas Facebook sekaligus melengkapi agenda pemerintah untuk Ekonomi Digital Indonesia.

Bersama salah satu mitranya di Indonesia, Alita, Facebook Connectivity berinvestasi pada pemasangan kabel serat optik sepanjang 3.000 km di Bali, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi untuk melengkapi Palapa Ring.

Melalui acara bertajuk “Memperluas Infrastruktur TIK di Pedesaan Indonesia” yang digelar secara virtual, Rabu (21/10/2020), terungkap proyek kolaborasi Facebook bersama para mitranya dalam membantu menyediakan akses internet ke daerah-daerah pedesaan di Indonesia.

Berikut ini inisiatif yang sedang dijalankan Facebook Connectivity di Indonesia:

Express Wi-Fi

Wi-Fi adalah teknologi penting yang menyediakan akses internet yang cepat, terjangkau, dan dapat diandalkan kepada masyarakat.

Di Indonesia, Facebook memiliki beberapa mitra Wi-Fi, seperti BaliTower di Jakarta, D-Net di Gunung Bromo, dan Primacom di daerah-daerah pedesaan.

Terragraph

Kota-kota padat penduduk dengan infrastruktur yang rumit menyulitkan untuk menyediakan akses serat ke setiap jalan, salah satu solusinya adalah Terragraph.

Terragraph adalah teknologi nirkabel gigabit yang dirancang untuk memberikan pilihan yang cepat, terjangkau, dan mudah digunakan untuk kabel serat optik, dan dapat mendukung penggunaan akses nirkabel tetap, Wi-Fi publik, dan menyediakan konektivitas yang mendasari layanan Smart City.

Pada 2018 lalu, Facebook dan XL melakukan uji coba Terragraph di Kota Tua untuk menyediakan akses Wi-Fi publik kepada ribuan pengguna selama perhelatan Asian Games.

Terragraph menggunakan pita 60 GHz yang tidak berlisensi di sejumlah negara di seluruh dunia, dan pada bulan April lalu, Kominfo juga mengeluarkan rancangan peraturan 60 GHz untuk konsultasi publik yang diharapkan regulasi finalnya segera diterbitkan.

Internet 1O1

Internet 1O1 merupakan kolaborasi antara Facebook dan GSMA untuk mengembangkan konten, guna membantu pengguna internet mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman online mereka.

Di Indonesia, Facebook meluncurkan program ini bekerja sama dengan Indosat Ooredoo pada Oktober 2019. Program ini bekerjasama dengan para pengecer lokal, pada Mei 2020 mencatat telah memfasilitasi pelatihan untuk 1,4 juta pengguna di 4.578 desa.

Sumber: https://infokomputer.grid.id/read/122392926/proyek-facebook-connectivity-atasi-kesenjangan-digital-di-indonesia