Dukung Manajemen Keamanan Informasi, Alita Terapkan ISO 27001

Dukung Manajemen Keamanan Informasi, Alita Terapkan ISO 27001
Ilustrasi.
Jakarta: Alita Praya Mitra (Alita) yang dikenal sebagai perusahaan penyedia infrastruktur dan solusi di sektor industri telekomunikasi mengumumkan pencapaian terbaru demi mendukungan keamanan informasi bagi pelanggan atau klien mereka.

Informasi terbaru yang diterima Medcom.id menyebutkan bahwa Alita sudah memperoleh Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi atau Information Security Management Systems ISO 27001.

Head of Corporate & Marketing Communication PT Alita Praya Mitra, Fita Indah Maulani menyatakan bahwa sertifikasi ISMS tersebut merupakan bukti perusahaan berkomitmen melindungi serta memelihara kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi.

“Sertifikasi ini diperoleh atas komitmen perusahaan dalam mengelola serta mengendalikan risiko keamanan informasi. Standar operasional prosedur perusahaan harus berjalan sesuai dengan standar keamanan siber, salah satunya mengacu pada ISO 27001,” jelasnya.

Keberhasilan Alita mengantongi ISO 27001:2013 membuat perusahan tersebut telah memenuhi persyaratan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi dalam konteks organisasi, termasuk penilaian dan penanganan risiko keamanan informasi.

Langkah yang diambil juga diklaim Alita sebagai bentuk dukungan terhadap gelombang transformasi digital yang saat ini juga harus memperhatikan unsur keamanan, bukan cuma adopsi teknologi terkini secepat mungkin.

Menurut Fita keamanan informasi menjadi tanggung jawab semua pihak dalam perusahaan sehingga perlu ditumbuhkan kesadaran pada seluruh sumber daya manusia mengenai pentingnya menjaga data privasi perusahaan dan pelanggan serta mengetahui tentang keamanan siber.

“Perusahaan juga harus menerapkan sebuah sistem keamanan yang mampu melindungi data-data perusahaan. Terakhir, perusahaan juga harus menerapkan teknologi keamanan yang tepat untuk melindungi data dan bisnis perusahaan di era digital,” ungkapnya.

PT Alita Praya Mitra saat ini telah mengantongi tiga standar internasional melalui sertifikasi ISO, yaitu ISO 9001:2015, ISO 45001:2018, dan ISO 27001:2013. Semuanya terdiri dari sertifikasi yang berorientasi ke layanan pelanggan dan standar manajemen mutu, sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, serta sistem manajemen keamanan informasi.