Tips Sukses di Tempat Kerja

Oleh. Fita Indah Maulani

Sejauh mana kesuksesan di tempat kerja diukur atau dilihat? Umumnya, orang yang dinilai berhasil adalah mereka yang memiliki pengaruh, sangat sibuk, tidak pernah ketinggalan berita, dan terlibat dalam berbagai proyek penting perusahaan.

Kesibukan tersebut tentu diimbangin dengan jejaring dan kredibilitas yang baik, hasil dari rekam jejak pekerjaan yang selalu memuaskan. Lalu, bagaimana langkah Anda untuk membangun karir seperti itu? Berikut tipsnya:

Tempatkan diri Anda di tempat-tempat penting

Tunjukkan bahwa Anda orang terhormat dengan menempatkan diri di berbagai tempat penting. Berusaha menghadiri acara bergengsi karena orang yang tahu cara menjalin hubungan harmonis senang berbaur dengan orang lain. Yang pasti, Anda tidak dapat memperoleh kepercayaan dalam pekerjaan tanpa menjalin hubungan baik  dengan orang lain.

Bergaul dengan orang-orang yang berhasil dan terhormat

Langkah ini dapat membantu Anda meninggalkan kesan yang mendalam pada orang lain. Dengan siapa Anda bergaul menjelaskan siapa Anda. Ketika menjalin hubungan baik  dengan orang-orang sukses, Anda akan terpesona dengan betapa banyaknya orang yang ingin menjalin hubungan baik dengan Anda.

Rapikan tempat kerja

Kantor yang rapi tidak hanya penting demi penampilan, tetapi juga akan membantu Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Dalam situasi pandemi saat ini, dimana ruang kantor menjadi virtual, tampilan Anda saat rapat online atau tampilan dari presentasi menjadi salah satu bentuk keseriusan dalam bekerja. Pengaturan dokumen yang baik di komputer pun akan mendukung kinerja Anda saat atasan memerlukan dokumen tertentu dalam waktu singkat.

Dalam menjalin hubungan, beberapa orang memiliki bakat alami untuk cepat dekat dengan orang lain, berkomunikasi dengan mudah, sementara sebagian orang lainya belajar dari kesalahan dan pengalaman. Jangan takut untuk mencoba dan selalu ingat untuk memperlakukan orang denga etika yang sama Anda ingin diperlakukan.

Disarikan dari Buku  The 5 Essential People Skill, terbitan Dale Carnegie Training.